BELAJAR BISNIS DARI KESUKSESAN PENGUSAHA TIONGHOA

kunci bisnis sukses

Sudah menjadi rahasia umum bila pengusaha keturunan China kerap dianggap memiliki trik dan rahasia khusus sehi

ngga bisa sukses menguasai pasar di hampir seluruh dunia. Bahkan tak hanya dianggap bertangan dingin dalam urusan bisnis, namun pelaku usaha yang biasa disebut dengan keturunan Tionghoa ini memiliki insting yang cukup tajam untuk melihat sebuah peluang.Karena

nya, agar Anda tak kalah el inicio del para pengusaha Tionghoa. Tak ada salahnya bila kali ini kita belajar bisnis dari kesuksesan pengusaha Tionghoa.

Jeli Melihat Peluang

Seperti kita ketahui bersama, kemampuan orang Tionghoa dalam melihat peluang usaha memang patut diacungi jempol. Bahkan ketika sebagian orang beranggapan bahwa itu bukan peluang usaha yang menjanjikan, dengan ketekukan orang Tionghoa mampu mengubah peluang yang awalnya kecil menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Belajar Bisnis Sejak Dini

Budaya orang Tionghoa yang senantiasa mempersiapkan generasi penerusnya sejak dini, ternyata memberikan pengaruh positif

bagi kesuksesan usaha yang Ia jalankan. Misalnya saja bila ayahnya membuka bisnis konveksi, maka anak-anaknya dibiasakan ikut terjun melihat proses produksi yang berlangsung. Dan begitu putra-putrinya menginjak dewasa, maka mereka telah menguasai seluk-beluk usaha konveksi yang dijalankan kedua orang tuanya.

Tak Malu Untuk Bertanya

Kebiasaan orang Tionghoa yang tak segan bertanya dan belajar dari orang-orang sukses yang ada di sekitarnya, menjadi salah satu modal keberhasilan bisnisnya. Bahkan, orang Tionghoa tak sungkan-sungkan untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dalam bidang usaha yang mereka geluti. Tak heran bila orang Tionghoa dikenal masyarakat luas sebagai kelompok orang yang handal dalam berbisnis.

Teliti Dan Rapi Dalam Hal Pembukuan

Tak seperti pebisnis lainnya yang mengesampingkan pencatatan transaksi, orang Tionghoa cenderung teliti dan memiliki alur pembukuan yang rapi. Hal inilah yang membuat arus kas keuangan usaha orang Tionghoa bisa berjalan dengan lancar, dan sangat jarang kehabisan stok barang. Sebab, orang Tionghoa cukup disiplin dalam hal pencatatan administrasi dan keuangan.

Tak Pernah Takut Bersaing

Dengan kualitas dan kisaran harga yang bersaing, orang Tionghoa tak pernah takut bersaing dengan pengusaha lainnya. Bahkan, mereka menjadikan pesaing mereka sebagai partner bisnis. Ketika mereka kehabisan stok, tak jarang mereka menghubungi pengusaha lain yang bergerak di bidang yang sama untuk menutup persediaan yang kosong.

Semoga kebiasaan positif ini menjadi bekal kita untuk mengembangkan sayap di dunia bisnis. Salam sukses!isa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s